Bedah Mesin 1.0 Liter EcoBoost dari Ford

Ford EcoBoost Engine


Bangkok - Ford menawarkan inovasi dengan teknologi terbaru pada mesinnya, yakni EcoBoost. Meski belum akan dibawa ke Indonesia, namun mesin ini menarik untuk dibedah karena teknologinya yang unik.

Ford bahkan sampai berani mengklaim, mesin EcoBoost 1.0 liter adalah mesin yang memiliki performa layaknya mesin empat silinder berkapasitas 1.6 liter konvensional. 

EcoBoost 1.0 liter adalah anggota terkecil dalam keluarga besar mesin Ford EcoBoost global yang meliputi varian empat silinder 1.6 dan 2.0 liter, serta dua varian V6 3.5 liter.

Ford pun punya cara untuk mengoptimalkan mesin 3 silinder ini yang dikenal punya getaran tinggi. Pabrikan Amerika ini tidak menggunakan stabilizer, karena dianggap akan menambah bobot mesin, juga biaya yang lebih mahal.

Dilansir situs resmi Ford Thailand, para ahli di Ford sudah mengembangkan beberapa alternatif lain, mereka sengaja membuat katrol dan flywheel tidak seimbang dengan bobot yang ditempatkan, tepat untuk melawan daya getar alami mesin dan mendorong energi ke arah yang kurang sensitif. 

Pemasangan mesin pun dirancang untuk memisahkan serta menyerap daya getar mesin. Manifold knalpot ditempelkan ke dalam kepala silinder sehingga gas buang dapat didinginkan menggunakan air untuk memungkinkan rasio bahan bakar dan udara yang optimal di rentang revolusi mesin yang lebih luas.

Juga untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, Ford menggunakan material besi yang unik karena bisa membuat panas mesin lebih cepat. Tindakan ini pun berdaya mengurangi jumlah energi pemanasan yang dibutuhkan sebesar 50 persen dan meningkatkan penghematan bahan bakar.

Sistem “split-cooling” memiliki termostat terpisah untuk kepala silinder dan blok yang mempercepat pemanasan. Dua drive belt mesin utama direndam dalam pelumas untuk menghasilkan mesin yang lebih tenang dan lebih efisien sedangkan variable oil pump memastikan tekanan minyak yang optimal di seluruh rentang percepatan. 

Mesin ini memiliki kepadatan daya tertinggi dibandingkan dengan mesin produksi Ford lain. Turbocharger superkecil dan super responsif menghimpun tenaga dengan cepat ketika gas dibuka dari rpm rendah, kemampuan turbocharger ini mencapai hampir 250.000 rpm tanpa adanya turbo lag.

Torsi puncaknya 170 Nm pada rentang 1.400-4.500 rpm sudah lebih dari cukup bagi pengendara untuk melaju dan menyalip dengan mudah. 

Dilengkapi dengan direct fuel injection, turbocharger dan variable valve timing yang membuat efektivitas mesin lebih baik. Mesin ini diproyeksikan akan menghasilkan tenaga sebesar 120 PS, sedangkan torsi puncaknya di angka 170 Nm.

Hasilnya, EcoBoost 1.0 liter menggunakan teknologi yang berbeda dengan mesin lain yang pernah dimiliki Ford. "EcoBoost 1.0 liter membuktikan bahwa ukuran tidak penting.

Info dan Promo Toyota

Jasa Pembuatan NPWP

Jasa Pembuatan NPWP
Gratis Ongkir untuk Wilayah Jabodetabek

Iklan: Rental Mobil KhalifRC + Supir/Driver

Anda Sales Toyota?

Anda Sales Toyota?
Pasang Iklan Sekarang dan dapatkan Harga Promo Khusus